Some tools #17 (Freezer, meat slicer, balloon whisk)

Freezer

Mesin freezer adalah mesin pendingin yang bersuhu -15 sampai -22 derajat Celcius, yang berguna untuk membekukan barang/makanan yang disimpan didalamnya. Sebetulnya banyak sekali macam dan tipe mesin freezer ini, tapi yang paling dikenal saat kita menyebutkan mesin freezer adalah freezer box. Freezer box, sesuai dengan namanya adalah kotak yang berisi mesin pendingin sehingga suhu didalamnya bisa mencapai -22 derajat Celcius.Makanan atau bahan makanan yang disimpan didalamnya biasanya daging, ikan, atau bisa juga ice cream.



Freezer box memang didisain untuk menyimpan bahan makanan untuk waktu yang lama sehingga memerlukan suhu yang dingin/beku supaya bahan makanan awet dan tidak busuk.

Freezer box mempunyai ukuran yang bermacam-macam, paling kecil berukuran panjang 1 meter dan paling besar ada yang sampai 3 meter. Konstruksi bawah freezer box ada yang memakai roda sehingga freezer box mudah dipindah tempatkan.





Meat slicer



Meat slicer/mesin pengiris daging merupakan mesin pengiris daging yang digunakan untuk mengiris berbagai jenis daging, salah satu nya daging sapi. Dengan menggunakan meat slicer yang memiliki sitem pengaturan ketebalan daging ini, hasil irisan daging dapat simetris sesuai dengan yang diinginkan sehingga tampilannya bagus sekali untuk industri makanan yang menggunakan bahan baku daging. Daging yang dapat diiris menggunakan mesin ini, disarankan suhunya sekitar -5o sampai dengan 15o C agar mendapat hasil irisan yang optimal.

Terdapat dua jenis meat slicer yaitu meat mesin slicer semi otomatis dan meat mesin slicer full otomatis. Pilihan ini tergantung pada budget dan kebutuhan. Keduanya sama-sama bagus. Jenis apapun ukuran mesin pengiris daging, pada dasarnya cara kerjanya sama. Daging diletakkan di tray kemudian pisau mengiris daging tersebut dengan sistem putar. Mesin pengiris daging ini aman digunakan serta terbuat dari material yang food grade. Mesin Slicer dari Ramesia Mesin memiliki daya tahan kuat dan awet. Meski begitu, lebih baik lagi jika dilakukan maintenance terhadap mesin ini. Berikut ini beberapa tips merawat mesin pengiris daging :
  1. Gunakan sarung tangan pada saat hendak melakukan perawatan untuk menghindari luka yang disebabkan oleh pisau yang terdapat pada meat slicer.
  2. Bongkar dengan hati-hati dan sesuai instruksi yang direkomendasikan. Pastikan aliran listrik ke meat slicer telah dimatikan.
  3. Bersihkan seluruh bagian mesin, terutama bagian dalam untuk menghilangkan bekas daging yang menempel.
  4. Setelah dicuci dengan sabun pencuci, bilas dengan air panas untuk mensterilkan bagian pemotongan atau pisau yang tujuannya untuk membunuh kuman.
  5. Meskipun pisau yang terdapat pada meat slicer ini dapat bertahan lama, ada baiknya dipertajam secara berkala. Apabila sudah waktunya diganti, gantilah dengan yang baru agar performa mesin tetap maksimal.
Dengan bantuan mesin pengiris daging pekerjaan mengiris daging menjadi lebih efisien dan tidak lagi sulit. Selama digunakan dengan sesuai serta dilakukan pemeliharaan dan perawatan yang baik dengan teratur, mesin pengiris daging ini siap digunakan kapan saja untuk mendukung kegiatan usaha anda.
Kegunaan meat slicer
Mesin pengiris / pemotong daging biasanya digunakan oleh para pengusaha kuliner seperti hotel, restoran,  rumah makan, serta usaha kuliner lainnya.
Kebanyakan, pengusaha kuliner di atas adalah dari kalangan pengusaha makanan dengan bahan dasar daging, seperti steak dan lain sebagainya.
Mesin pengiris daging ini merupakan salad satu alat yang sangat penting perannya dalam usaha masakan dengan bahan dasar daging seperti rumah makan ala Jepang misalnya.
Dikarenakan, kebanyakan dari masakan Jepang menggunakan bahan utama berupa daging yang diers tipis tipis.

Sehingga, dengan menggunakan mesin pemotong daging, proses pengirisan daging akan lebih cepat, ukuran teratur, serta penggunaan daging lebih terkontrol.


Balloon whisk
Balloon whisk merupakan jenis alat pengaduk yang paling sering ditemukan. Alat ini diberi nama balloon whisk karena kawat besinya disusun menyerupai bentuk balon, ramping di bawah dan menggembung di bagian ujung atas.
Kalau anda belum punya, tidak ada salahnya lho membeli 1 balloon whisk untuk di dapur. Soalnya, balloon whisk ini cukup multifungsi, hampir bisa digunakan untuk mengocok bahan apa saja. Tapi paling cocok jika digunakan untuk mengocok putih telur, meringue, dan whipped cream karena dapat dengan cepat membuat adonan menjadi kaku.


Komentar

Postingan Populer