some food #4

Carabikang
Carabikang adalah salah satu jajanan pasar Indonesia yang cukup familier di masyarakat, Bagi masyarakat Jawa tengah (semarang), carabikang itu jajanan pasar yang sangat mudah ditemui. Kue ini memunyai sebutan macam-macam, ada yang menyebutnya kue coro bikang dan ada juga yang menyebutnya coro bikan. Kue cara bikang pada umumnya berwarna merah muda, namun kemudian banyak kreasi-kreasi baru dari coro bikang sehingga ada yang berwarna-warni, seperti contohnya ada yang berwarna putig, hijau dan coklat. Kue ini berukuran kecil berbentuk bulat. Selain kue cara bikang ada lagi kue yang mempunyai kemiripan, seperti bikang ambon atau apem. Yang membedakan kue ini adalah rasa manis yang dominan. untuk masalah bahan, kue ini berasal dari tepung beras, tepung terigu dan gula pasir yang kemudian diolah.

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini, kue basah yang berbentuk seperti bunga yang merekah membuat banyak orang tergoda untuk mencicipinya. Benar sekali, kue carabikang merupakan salah satu dari banyaknya aneka resep kue asli khas Indonesia. Mungkin Anda sudah sering membeli kue Carabikang yang memiliki rasa yang lezat ini. Selain memiliki bentuk yang unik dan rasa yang lezat, kue Carabikang juga memiliki harga yang tidak mahal. Maka dari itu, kue ini sangat laris di pasaran. Namun, tentu saja setiap penjual memiliki resep tersendiri dari rasa kuenya yang lezat. Namun untuk membuat kue basah Carabikang ini umumnya memiliki bahan yang sama dengan Carabikang lainnya.
Dari aneka resep kue basah lainnya, kue bikang merupakan salah satu kue basah yang favorit bagi banyak orang. Ibu tidak perlu lagi membelinya terus menerus jika sudah mengetahui resep dari kue basah enak dan empuh yang satu ini. Dengan membuatnya sendiri, Anda juga bisa mengkreasikan rasa atau bahan tambahan lainnya yang dapat menciptakan cita rasa sendiri yang lebih enak. Nah, apa Ibu penasaran dengan resep kue basah Carabikang? Untuk Anda yang hobi memasak pasti akan menyempatkan untuk meluangkan waktu membuat kue basah yang satu ini di rumah. Bahan untuk membuat kue basah ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Berikut ini ada beberapa bahan dan cara pembuatan dari kue Carabikang.
Seperti aneka resep kue basah yang lainnya, Carabikang juga membutuhkan bahan-bahan yang dominan sama seperti kue-kue lainnya. 
Bahan:
 190 gram tepung beras (15 gram untuk campuran santan), 
500 ml Santan kental asli yang dipisahkan menjadi 3 bagian, 
27 gram tepung terigu, 
80 gram gula pasir, 
¼ sendok kecil garam dapur yang beryodium, 
15 lembar daun suji 
3 lembar daun pandan,
pewarna makanan. Jika bisa untuk pewarna makanan pilihlah yang warna merah, hijau, dan coklat.
Cara membuatnya yaitu:
  1. Masukkan tepung beras sebanyak 175 gram, campurkan dengan tepung terigu, garam, santan  sebanyak 310 ml dan ula pasir ke dalam wadah besar. Aduk sampai rata.
  2. Rebus 15 gram tepung beras dan sisa santan 90 ml dengan panci sampai mendidih, kemudian masukan kedalam adonan dan aduk kembali.
  3. Pisahkan adonan ke 3 wadah yang berbeda untuk dicampurkan dengan pewarna merah, hijau, dan coklat.
  4. Siapkan cetakan untuk kue carabikang dengan api yang kecil. Olesi cetakan dengan dengan margarin agar tidak lengket.
  5. Masukkan ¾ untuk adonan utamanya terlebih dahulu baru masukan adonan pewarna sedikit ke dalamnya.
  6. Masak sebentar dan tutup sampai menunggu timbul lubal lubang yang kecil di bagian atas kue. Kemudian cungkil bagian tengah pada kue dan juga pada bagian bawah sampai menjadi matang, Ini untuk memberikan efek agar kue menjadi merekah dengan sempurna.
  7. Olesi dengan bahan olesan agar bikang tercium harum.
  8. Ulangi proses tersebut hingga adonannya habis.
Nah, cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah bukan? Aneka resep kue basah seperti kue Carabikang di atas memang perlu ketelatenan, yang terpenting Anda memiliki bahan yang lengkap. Tidak lupa juga menggunakan margarine Blueband untuk olesannya supaya kue ini lebih lembut, harum, dan lezat. Blueband adalah merk mentega yang dibuat dari bahan-bahan menyehatkan dan yang akan membuat kue Anda menjadi lebih sempurna untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.



Sumber: http://www.sekarangaja.com/aneka-resep-kue-carabikang-enak-dan-empuk/amp/





Putu Ayu

Kue putu merupakan makanan yang sangat familiar di Indonesia. Salah satu makanan ringan tradisional pada zaman dahulu ketika Indonesia dirundung oleh para penjajah dari negeri Belanda. Asal mula nama resep ini, mungkin didasari pada zaman ketika negara Indonesia masih dijajah oleh Belanda. Seperti yang kita ketahui bahwa Kue Putu dibuat dengan bahan dasar tepung beras yang notabene bisa dibuat oleh rakyat Indonesia. Nah, pada saat itu bahan-bahan seperti telur ayam, tepung terigu, vla, dan daging lebih diperuntukkan oleh para bangsawan dari negeri Belanda. Untuk itulah, mengapa kue ini dikatakan Putu Belanda karena bahan-bahannya yang eksklusif pada waktu itu. Sedikit celah sejarah lain dari kue putu ini dapat ditemukan di China silk museum, bersamaan dengan penyajian teh Longjin, yang memiliki wangi khas serta telah ada sejak 1200 tahun lalu. Teh ini berjaya pada dinasti Ming serta dipersembahkan untuk keempat kaisar. Teh tersebut disajikan dengan xian roe xiao long, yaitu kue dari tepung beras berisi kacang hijau yang amat lembut dan dikukus dalam cetakan bambu sebagaimana kue putu di Indonesia.
Kue Putu Jajanan Tradisional Indonesia Bermanfaat
Kue putu jajanan tradisional Indonesia termasuk kue basah merupakan bagian kekayaan makanan tradisional kita yang jenis dan ragamnya berlimpah. Kue putu digemari (dari bahasa Jawa, puthu ) adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Suara khas uap yang keluar dari alat suitan ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.Kebanyakan warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau.
Kue putu jajanan tradisional Indonesia  menyehatkan dikarenakan sebagian besar kandungannya adalah hidrat arang. Sebagai makanan selingan, kue ini sebenarnya cukup memberikan sumber gizi, terutama sebagai sumber tenaga yang cukup menopang sebagian aktifitas kita. Jadi walaupun makanan selingan, namun manfaat utamanya kita dapatkan.
Sesuai dengan namanya, kue putu ayu berasal dari jawa (tengah – timur). Kuejajanan tradisional ini punya ciri khas warnanya yang hijau dengan parutan kelapa muda diatasnya yang memberi kesan menarik dan lezat. Kue putu ayu dimasak dengan cara dikukus. Jika biasanya anda membeli kue putu ayu di penjual kue tradisional, maka sekarang anda bisa mencoba membuat sendiri kue putu ayu. Berikut resep dan cara membuat kue putu ayu :

Kue putu ayu merupakan salah satu kue tradisional populer yang berasal dari daerah Jawa. Tampilan kuenya dengan taburan kelapa parut berwarna putih di bagian atas, dan bagian bawahnya yang berwarna hijau, memang ayu dipandang mata sesuai nama kuenya. Kue putu ayu ini memiliki kemiripan dengan kue putu gula merah sebelumnya. 
Kue putu ayu dengan tekstur kue yang lembut ini cocok disajikan sebagai hidangan untuk acara arisan atau acara keluarga lainnya. 

BAHAN-BAHAN MEMBUAT KUE PUTU AYU

  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 250 gram
  • Santan 200 ml
  • Telur ayam 4 btr
  • Kelapa muda ½ butir, diparut untuk bagian atas
  • Garam halus 1 sendok teh
  • ½ sendok teh pewarna makanan (hijau)

CARA MEMBUAT KUE PUTU AYU

  1. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata
  2. Tambahkan tepung terigu kedalam campuran telur dan gula, aduk rata. Tambahkan santan dan pewarna makanan hijau, aduk sampai adonan tercampur sempurna.
  3. Siapkan parutan kelapa muda, masukkan garam halus, aduk rata.
  4. Siapkan wadah / cetakan, masukkan sedikit kelapa parutan yang sudah dicampur garam di bagian dasar cetakan, siram dengan adonan kue putu ayu.
  5. Kukus dengan api sedang.


Sumber : http://kokimasak.com/resep-kue-putu-ayu/
https://putuholic.com/kue-putu-jajanan-tradisional-indonesia/






Lapis Legit

Lapis legit berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia. Awal mulanya, kue bernama asli spekkoek ini dibawa oleh orang-orang Belanda ke Indonesia. Kue tersebut kemudian mendapat pengaruh dari penduduk lokal. Orang-orang Indonesia memodifikasinya dengan menggunakan bahan-bahan lokal termasuk menambahkan rempah-rempah yang disesuaikan dengan lidah mereka. Seiring perkembangannya, kue ini lebih dikenal dengan nama lapis legit karena kue ini memiliki banyak lapisan dengan rasa yang sangat manis.
Di kalangan orang-orang Tionghoa, lapis legit memiliki sejarah yang sangat mengakar. Lapis legit menjadi sajian wajib pada perayaan Tahun Baru Imlek. Mereka percaya jika semakin banyak lapisan pada kue tersebut maka semakin berlipat-lipat rezeki yang akan didapatkan.
Kue yang kaya akan telur dan roombuter ini ternyata memiliki ikatan yang erat dengan bangsa Belanda. Seusai menjajah, Belanda mewariskan banyak khazanah kuliner kepada Indonesia. Sebut saja klappertaart,brudel, brut goreng, hingga aneka cookies.

“Kue ini (Lapis Legit) dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Hindia (Indonesia) pada zaman penjajahan,” ujar Kepala Program Studi Belanda FIB UI, Achmad Sunjayadi saat dihubungi KompasTravel, Rabu (24/8/2016).
Menurutnya, kue ini muncul di Indonesia (Hindia) karena menggunakan rempah-rempah Indonesia seperti kayu manis. Dulu kue tersebut kerap disebut spekkoek(spekuk), yang diambil dari bahasa Belanda. Tak heran sampai saat ini mudah ditemui racikan bahan untuk membuat Lapis Legit yang bernama spekkoek.

Spek memiliki arti minyak babi yang terlihat berlapis-lapis, dan koek adalah bolu. Nama kunonya bolu lapis, tapi sekarang berkembang menjadi Lapis Legit,” ujar Hermina, guru besar linguistik Sinika UI saat dihubungi KompasTravel.
Namun, bukan berarti Lapis Legit menggunakan minyak babi untuk bahan adonannya. Wujudnya yang berlapis-lapis, juga bahan dasarnya yang mengandung banyak telur dan mentega membuat Lapis Legit terlihat seperti lapisan lemak babi.



Sumber : https://travel.kompas.com/read/2016/08/25/091000127/Begini.Asal-usul.Lapis.Legit.yang.Masuk.Daftar.Kue.Terlezat.di.Dunia
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Lapis_legit

Komentar

Postingan Populer