some food #3

Molten lava cake

Untuk para pecinta coklat Molten lava cake salah satu dessert yang memuaskan. Bagian tengah cake ini masih cair seperti lava karena itu dinamakan molten lava cake. Asal-usul cake yang disajikan per porsi ini ada beberapa versi. Jean-Georges Vongerichten, chef dari New York, Amerika – Serikat menyatakan ia yang pertama kali menemukan resep ini. Klaim ini dibantah chef dari Perancis, Jacques Torres. Menurut Torres di Perancis dessert seperti ini sudah ada sejak lama.
Kisah Vongerichten tentang resep ciptaannya ini adalah dia terlalu cepat mengeluarkan sponge cake coklat dari oven. Walaupun bagian tengahnya masih cair tetapi teksturnya bagus dan rasanya enak. Akhirnya kreaasi ini populer di restoran fine dining di New York kala itu. Sementara orang Perancis sudah lama kenal dengan coklat souffle dan coklat fondant (pure coklat dengan custard) sebagai makanan pencuci mulut mereka.
Resep Molten Lava Cake atau Moeulleux au Chocolat ini saya ambil dari bukuRachel Khoo The Little Paris Kitchen. Dalam resep aslinya Rachel menggunakan cream caramel untuk isi molten cake ini tapi kali saya tiadakan cream caramelnya karena membuat cream caramel termasuk susah-susah gampang. Rachel ini salah satu chef favorit saya. Ia berasal dari Inggris keturunan imigran Cina Malaysia dari Penang. Saya suka buku dan resepnya Rachel karena gaya masaknya itu berorientasi ke Perancis. Rachel Khoo lulusan sekolah gastronomi ternama Cordon Bleu. Dari beberapa seri buku masaknya  ada seri TVnya, shooting untuk TV serinya ini di apartemen mungilnya yang cantik di Paris.
Penampilan Molten Lava Cake ini mewah tapi cara membuatnya ternyata tidak susah. Yang perlu kamu perhatikan adalah waktu memanggang. Yang paling penting membuat resep ini adalah timing, waktu yang tepat mengeluarkan cake dari oven.
Bahan
  • 150 gram coklat (kandungan cacao 50% atau lebih)
  • 85 gram butter
  • 6 telur
  • 170 gram gula
  • 85 gram terigu
  • butter untuk mengoles ramekin
  • 3 sdm bubuk coklat
Cara membuat
  1. Tim coklat dan butter hingga meleleh dan tercampur rata. Angkat, dinginkan.
  2. Pecahkan telur satu demi satu ke dalam campuran coklat dan butter. Aduk rata.
  3. Masukkan gula dan terigu ke dalam adonan coklat aduk rata.
  4. Oles cetakan ramekin dengan butter dan taburi dengan bubuk coklat (seperti foto di atas).
  5. Tempatkan adonan ke dalam ramekin.
  6. Simpan cake mentah dalam kulkas selama minimal 45 menit supaya adonan mengeras.
  7. Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius 10 menit sebelum memanggang cake.
  8. Masukkan cake ke dalam oven dan panggang selama 15 menit.
  9. Keluarkan dari oven dan langsung keluarkan dari ramekin; caranya letakkan ramekin berisi cake di atas piring, balik dan keluarkan cake.
  10. Langsung hidangkan panas.

Tips

  • Seperti saya tulis di atas, Molten Lava Cake adalah dessert per porsi. Gunakan cetakan tahan panas, baik ramekin atau cetakan berukuran kecil lainnya.
  • Jangan lupa untuk royal mengoles butter ke dalam cetakan agar molten cake mudah keluar dari cetakan.
  • Mendinginkan adonan yang telah di tuang ke cetakan di kulkas selama 10 menit itu penting. Adonan akan padat.
  • Memanaskan oven 10 menit juga penting.
  • Gunakan timer untuk mengawasi waktu panggang cake di dalam oven, 15 menit. Tidak lebih dan tidak kurang. Terlalu cepat mengeluarkan cake dari oven, hasilnya cake akan masih lembek bahkan adonan di pinggir masih cair. Akibatnya susah keluar dari cetakan. Cake terlalu lama dipanggang, akan seperti cake biasa, tanpa lava (bagian tengah yang cair).
  • Kadang ada yang menyajikan Molten lava cake dengan satu scoop es krim rasa vanila atau dengan whipped cream. Saya pribadi lebih suka tanpa tambahan, rasa coklatnya sangat terasa.

Sumber: https://www.google.com.hk/search?q=asal+usul+molten+lava+cake&hl=in-ID&prmd=ivn&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwjy9qitltLZAhUCUbwKHSIHCR8Q_AUIDigA&biw=360&bih=522&dpr=1.5



Chocolate dome
Bahan:
320 gr Mentega
240 Icing Sugar
250 Dark Chocolate
100 gr Kuning Telur
200 gr Telur
120 gr Terigu
200 gr Air
100 gr Glukosa
7 gr Gelatine
500 gr Dark Chocolate
75 gr Ekstrak Mocca
500 gr Pisang Karamel
100 gr Raspberry
1 kg Whipping Cream


Cara Membuat:
♦ Untuk membuat brownies, campurkan semua bahan hingga tercampur rata. Kemudian masukkan di loyang dan panggang di dalam oven bersuhu 200°C.
♦ Selanjutnya adalah membuat mousse. Untuk membuatnya, panaskan air, glukosa, dan gelatine.
♦ Saat air sudah mendidih tambahkan whipped cream, dark chocolate, dan ekstrak mocca. Masak hingga semuanya tercampur rata.
♦ Sajikan brownies menjadi bentuk dome, lalu lumuri dengan mousse cokelat.






Cantik manis sagu mutiara

Bahan-bahan
1 bungkus tepung hongkwe(150g)
250 g gula pasir
2 lembar daun pandan iket simpul
1000 ml santan
1/2 sdt garam
150 g sagu mutiara
Langkah

1
Rendam sagu mutiara sampai mengembang kira-kira 2 jam
2
Rebus air sampai mendidih masukan sagu mutiara yg sudah di rendam masak sampai mateng.sampai biji mutiara berwarna bening tidak lg berbiji putih Angkat saring siram dgn air dingin tiriskan
3
Santan bagi 2 (200:800) Yg 200 ml santan campurkan dgn tepung hongkwe aduk rata pd mangkok Santan 800 ml didihkan bersama gula.pandan.dan garem sampai mendidih kecilkan api Masukan sagu mutiara aduk rata Tuang larutan tepung hongkwe aduk aduk sampai kental dan meletup2. Angkat cetak dlm loyang Nb.loyang di alasin plastik y supaya tidak lengket Tunggu dingin bru di potong2

Komentar

Postingan Populer