Sejarah Sandwich

Sandwich

Sandwich atau dalam Bahasa Indonesianya adalah roti lapis merupakan makanan yang cukup simple namun dengan isi yang cukup “berisi.” Coba aja bayangin di dalam roti ada beberapa isi yang bisa buat perut kita kenyang.

Sebut aja kayak daging-daging, ikan, sayuran, keju, hingga berbagai macam saus yang membuatnya sangat nikmat untuk dimakan. Sandwich sendiri bisa dengan mudah kita buat di rumah atau banyak juga restoran yang menawarkan menu ini.

Di sandwich terdapat dua roti yang mengapit berbagai macam isi yang sudah disebutkan di atas tadi. Lalu bagaimana sih sejarahnya roti lapis ini sehingga bisa menjadi makanan yang tersebar di seluruh dunia?
Ternyata ini awalnya dari aristokrat Inggris yang bernama John Montagu dengan gelar Earl of Sandwich IV, pada abad ke-18. Jika melihat sejarah ke belakang Montagu ini secara tidak langsung adalah pencipta roti lapis sandwich yang kita kenal sekarang ini.

Diakatakan demikian karena Montagu ini adalah seorang yang gemar sekali bermain kartu. Ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain kartu saja. Namanya sudah hobi, ya kegiatan lain pasti harus ditinggalkan. Tak terkecuali dengan makan.

Karena makan sangat penting bagi tubuh, jelas Montagu tidak ingin sakit hanya karena tidak makan. Yang ada nanti dia enggak bisa maen kartu lagi. Jadi ia memikirkan bagaimana ia bisa makan tanpa mengganggu waktu bermain kartunya?

Karena enggak mau meninggalkan permainan kartunya, jadi dia memanggil pelayan untuk membuatkan daging panggang yang ditaruh di antara dua roti. Ia menjadikannya roti isi tersebut menjadi makanan utama selagi bermain kartu.

Melihat apa yang dilakukan oleh Montagu, maka teman-teman sepermainan kartunya juga ikut memesan makanan yang sama dengan meminta kepada pelayan. Cara pertmintaan inilah yang semakin membuat roti lapis ini disebut sebagai sandwich.

Mereka memesan dengan ucapan “sama seperti Sandwich.” Dari sini mulai lah makanan seperti ini disebut sandwich.

Umumnya sandwich menggunakan dua roti tawar. Tetapi di Amerika sandwich banyak yang menggunakan berbagai jenis roti seperti bread roll dan focaccia. Sub atau submarine sandwich seperti yang dijual oleh restoran cepat saji Subway juga disebut sandwich meski tidak menggunakan roti tawar.

Burger juga bisa disebut sebagai sandwich meski tidak menggunakan roti tawar. Burger menggunakan roti bun yang berbentuk bulat. Seiring berjalannya waktu, sandwich dinikmati bersama beberapa side dish seperti kentang goreng.

Bicara mengenai sandwich, kami juga sudah membuat video resep cara membuat sandwich yang berlapis dengan tiga tumpuk yang diberi nama triple decker.
Sandwich atau roti lapis merupakan salah satu makanan enak yang bisa dengan mudah dibuat dengan semua orang. Salah satu rahasia untuk membuat menu sandwich yang enak adalah dari kualitas bahan yang digunakan dalam tiap lapisnya.

Sandwich juga dibawa sebagai makanan praktis sewaktu piknik, mendaki gunung atau sekadar jalan-jalan. Di rumah, sandwich dinikmati sebagai camilan atau pelengkap makanan utama. Jika dimakan di rumah sebagai makanan utama, sandwich biasanya ditemani makanan pendamping seperti sup (soup-and-sandwich), selada (salad-and-sandwich), keripik kentang, kentang goreng, asinan ketimun), atau selada kol.


Asal mula

Sandwich diambil dari nama Earl of Sandwich IV, seorang aristokrat Inggris abad ke-18 yang merupakan penggemar main kartu kelas berat. Earl of Sandwich IV ingin terus bermain kartu tanpa harus berhenti untuk makan, sehingga daging yang dijepit dua potong roti dijadikan makanan praktis yang bisa dimakan dengan sebelah tangan sambil bermain kartu.

Earl of Sandwich IV berasal dari kota Sandwich di Inggris. Dalam bahasa Inggris kuno, Sandwich berarti "tempat berpasir."


Variasi

Nama sandwich bergantung ada isi yang dijepit oleh potongan roti, sehingga ada egg sandwich (sandwich isi selada telur), peanut butter and jelly sandwich (sandwich isi selai kacang dan jelly), bacon and cheese sandwich (sandwich isi bacon dan keju), dan BLT sandwich (sandwich isi bacon, lettuce dan tomat). Sandwich biasanya merupakan makanan dingin walaupun ada juga sandwich yang dinikmati hangat-hangat seperti grilled cheese (roti bakar isi keju).

Sandwich umumnya menggunakan potongan roti tawar, tetapi sandwich di Amerika Serikat banyak menggunakan berbagai jenis roti seperti bread roll dan focaccia. Sub atau submarine sandwich seperti dijual di restoran siap saji Subway dan hamburger juga disebut "sandwich" walaupun tidak menggunakan potongan roti tawar.

Di Skandinavia ada makanan yang disebut "open sandwich" yang hanya menggunakan sepotong roti. Daging, ikan, atau keju diletakkan begitu saja di atas sepotong roti. Model sandwich dengan sepotong roti juga dikenal di Rusia sebagai buterbrod(бутерброд).

Di Inggris, butty (bentuk jamak: butties) dan sarny (bentuk jamak: sarnies) adalah sebutan untuk sandwich dalam bahasa slang. Sandwich dengan isi bacon dan mentega (butter) disebut butty walaupun ada butty yang menggunakan mayones dan bukan mentega. Sandwich berisi kentang goreng disebut chip butty. Di Skotlandia, sandwich disebut pieces.

Nama-nama varian sandwich

  • Club sandwich
  • Grilled cheese sandwich
  • Tuna melt
  • Peanut butter and jelly sandwich
  • Submarine sandwich





sumber: 
https://qubicle.id/story/begini-loh-sejarah-terciptanya-sandwich
https://qubicle.id/story/triple-decker
https://id.wikipedia.org/wiki/Roti_lapis
 

Komentar

Postingan Populer